RSS

Problematika Hisab Rukyah Indonesia (Bagian 1)

09 Jun

Di Indonesia perbedaan perhitungan kapan jatuhnya Bulan Ramadhan dan kapan juga Hari Raya Idul Fitri merupakan masalah yang sering muncul setiap tahunnya. Hal ini yang sering memunculkan “kebingunggan” bagi masyarakat awam. Perbedaan ini mencolok antara dua organisasi islam terbesar di Indonesia; Nahdhatul Ulama dan Muhammadiyah. Dua organisasi tersebut melandaskan pada perbedaan antara madzhab rukyat dan madzhab hisab.

Menurut nadzhab rukyah, penentuan awal dan akhir Bulan Ramadhan dengan ditetapkan berdasarkan rukyah atau melihat bulan yang dilakukan pada hari ke-29. Apabila rukyah tidak berhasil, baik karena hilal belum bisa dilihat maupun karena terjadi mendung, maka penetapan awal bulan harus berdasarkan istikmal (menyempurnakan bilangan bulan 30 hari). Dari penentuan tersebut maka dapat diketahui bahwa madzhab rukyah berdasarkan “Taabudi – Ghair Ma’qul Al-ma’na” yang berarti tidak dapat dirasionalkan pengertiannya, dan tidak dapat diperluas. Sehingga rukyah hanya diartikan sebatas melihat dengan mata kepala telanjang (tanpa bantuan alat).

Menurut madzhab hisab, penentuan awal dan akhir bulan Ramadhan adalah berdasarkan perhitungan falak. Menurut madzhab ini, ungkapan “rukyah” yang terdapat didalam beberapa hadist Nabi dipahami sebagai “Ta’aquli – ma’qul ma’na”, yang dapat dirasionalkan, dapat diperluas dan dikembangkan. Sehingga ia dapat diartikan dengan arti mengetahui sekalipun bersifat dzanny (dugaan kuat) tentang adanya hilal, jendatipun tidak mungkin dapat dilihat berdasarkan hisab falaky.

Ditulis oleh Husni Mubarok, S.Pd.I. (Mahasiswa Pasca UNNES Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 9, 2011 in Berita

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: